UWRF 2021: Seleksi Penulis Emerging Indonesia 2021

UWRF ke-18 mencari penulis muda potensial dengan karya puisi, cerpen, novel, esai, dan naskah drama untuk diorbitkan ke jenjang lebih tinggi.

_

UBUD Writers & Readers Festival (UWRF) ke-18 di tahun 2021 akan kembali hadir. Kali ini mengusung tema “Mulat Sarira”, yang bermakna “Refleksi Diri”. Sebuah ajakan untuk menilik siapa diri kita, apa yang menyatukan dan memisahkan kita, dan apa yang mendorong setiap tindakan kita.

Program “Seleksi Penulis Emerging Indonesia” kembali dihadirkan. Program ini mencari para penulis potensial (fiksi maupun nonfiksi) dalam lima kategori, yaitu Puisi, Cerpen, Novel, Naskah drama, dan Esai. Karya-karya dibalut dalam isu perubahan iklim.

Perubahan iklim menjadi kekuatan destruktif yang mengancam hidup manusia. Cuaca ekstrem seperti banjir bandang, longsor, hingga kebakaran hutan terjadi di banyak tempat. Masa musim tanam dan musim panen, makin tak menentu.

Perubahan iklim ini berdampak pada lingkungan, relasi antarmanusia, perekonomian, hingga perubahan lanskap sosial dan politik. Sementara pandemi Covid-19 yang terjadi, mengajak kita untuk melihat dan becermin kembali kepada alam lingkungan.

UWRF ingin mengajak penulis emerging membagikan kisah maupun refleksi atas masalah-masalah ekologi ini. Bagaimana tantangan perubahan iklim ini secara nyata dihadapi di berbagai pelosok negeri ini, seperti apa upaya-upaya komunitas setempat menyikapinya, hingga siapa saja yang rentan terdampak.

Disyaratkan, setiap penulis hanya boleh memilih maksimal 2 dari 5 kategori yang disebutkan di atas. Peserta cukup mengirimkan 1 karya untuk kategori ini: cerita pendek, novel, naskah drama, dan esai. Untuk kategori puisi, diminta mengirimkan 3 judul karya. Ketentuan lainnya:

  • Puisi, maksimal 300 kata tiap judul
  • Cerita pendek, maksimal 3.000 kata
  • Novel, satu naskah utuh dilengkapi sinopsis cerita
  • Naskah drama, 8-15 halaman untuk durasi pentas sekitar 30 menit
  • Esai, maksimal 3.000 kata

Setiap karya harus asli kreasi sendiri, bukan saduran, terjemahan, maupun plagiasi. Ditulis dalam kurun waktu 2019 hingga terkini. Penulis yang mengikuti seleksi wajib mengisi formulir online yang ada di website

Formulir Seleksi Penulis Emerging Indonesia 2021

TENGGAT: 21 Mei 2021 pukul 23.59 WITA
PENGUMUMAN: Juni 2021

BACA JUGA:
Sayembara Menulis dan Membuat Video Gramedia
Sayembara Menulis Novel Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) 2021
Lomba Cipta Dongeng Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Seleksi-Penulis-Emerging-Indonesia

Tentang Program Penulis Emerging Indonesia

Program ini diselenggarakan setiap tahun sejak 2008, dirancang untuk menemukan kandidat bintang-bintang sastra muda Indonesia. Pihak UWRF menggunakan kata “Emerging” bagi para penulis Indonesia yang memiliki karya dengan kualitas baik tetapi belum memeroleh kesempatan publikasi yang memadai.

Program “Seleksi Penulis Emerging Indonesia” ini diadakan sebagai bagian dari komitmen Yayasan Mudra Swari Saraswati untuk memberikan dukungan bagi kehidupan masyarakat Indonesia melalui berbagai program seni dan budaya.

Selain itu, tujuan diselenggarakannya program “Seleksi Penulis Emerging Indonesia” ini adalah untuk menemukan bakat-bakat sastra dari berbagai pelosok tanah air, terutama yang berada di Bali.

Salah satu komitmen Yayasan adalah memberikan ruang dan menghadirkan karya-karya anak bangsa ke hadapan dunia internasional. Itu sebabnya festival akan menerjemahkan karya-karya terpilih dari para penulis emerging yang lolos seleksi ke dalam bahasa Inggris.

Karya-karya mereka nanti akan dibukukan dan diterbitkan ke dalam buku antologi dwi bahasa. Peluncuran antologi ini dilakukan bertepatan dengan penyelenggaraan Ubud Writers & Readers Festival (UWRF).

Karya-karya yang diterima akan melalui tahap kurasi yang akan dilakukan oleh tim, kemudian dikurasi kembali oleh Dewan Kurator yang terdiri dari para penulis Indonesia ternama. Nama-nama anggota Dewan Kurator ini dirahasiakan, hingga pengumuman para penulis emerging terpilih.

Ubud Writers & Readers Festival

Dalam situasi pandemi COVID-19, panitia mengupayakan hadirnya program yang terbaik bagi peserta terpilih, semisal lokakarya bersama para mentor dan peluncuran karya secara daring. Partisipasi peserta di lokasi festival akan dipertimbangkan, mengingat kondisi finansial serta ketentuan penyelenggaraan dalam masa pandemi.

“Seleksi Penulis Emerging Indonesia” ini telah sukses memperkenalkan penulis-penulis Indonesia ke panggung internasional. Banyak di antara para alumni “Seleksi Penulis Emerging Indonesia” yang konsisten berkarya dan menjadi sosok berpengaruh di dunia sastra Indonesia dan internasional.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web http://www.ubudwritersfestival.com/ dan ikuti media sosial UWRF melalui Facebook, Twitter, dan Instagram @ubudwritersfest

5 thoughts on “UWRF 2021: Seleksi Penulis Emerging Indonesia 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!